Definisi New
Media
New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan
berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana
beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti
QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama
film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing,
maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai
perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan
otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan
kontras gambar.
Lev Manovich dalam pengantar
Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi
sederhana dan ringkas:
1. Media baru versus Cyberculture - Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang
berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player
game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan
paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
2. New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai
Platform Distribusi - New Media adalah obyek budaya yang menggunakan
teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya
untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll
Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa
tahun. Istilah "media baru" tidak akan "baru" lagi, karena
kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
3. New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software - Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada
kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan
komputer-berbasis pengiriman melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media
baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat
lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi
dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks
yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang
diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing,
dll
4. New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan
Konvensi Perangkat Lunak -
"Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi
budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan
konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu.
"tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman
manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini terus
keluar dari tombol "kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada
posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan di
beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi
komputer.
5. New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru
Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi - "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan
muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali
dua atau tiga kali ... Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak
akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen
penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang
komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial,
sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. "
6. New Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma
Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain - Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya
teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi
membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional." Hal
ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia
interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer
digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan
identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik"
7. New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis;. New
Media sebagai Metamedia - Manovich
menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu
lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka
berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru
avant-garde "adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan
memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya, database, mesin pencari,
dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi
kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat
"recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda."
8. New Media sebagai Artikulasi Paralel
Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern -
Pasang Seni Perang Dunia II atau "kombinatorik" melibatkan
menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini
mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial.
"Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru,
tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh manusia."
Komponen New
Media
Pada New
Media dibutuhkan beberapa komponen, komponen yang dibutuhkan oleh New Media
diantaranya :
Manfaat New
Media
New Media memiliki manfaat untuk kita, dengan New Media kita
akan mendapatkan Informasi – informasi dengan mudah dan cepat, berikut ini
manfaat New Media :
- Bidang Pendidikan.
Dengan adanya
EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih
praktis.
• Bidang
Pencarian Kerja
Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan pekerjaan
disuatu tempat.
• Bidang Sosial
Dengan hadirnya Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, hal tersebut
sangat membantu untuk kita berinteraksi dengan seseorang.
• Bidang Jual
Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang,
karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang
mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di
inginkan dapat mengakses website strore
yang memiliki barang yang di inginkan.
Kekurangan New
Media
Selain memiliki kelebihan/manfaat, New Media juga mempunya
kekurangan. Berikut ini kekurangan dari New Media :
1.
Rawan akan pencurian data, karena
data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut.
Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan
mencuri data data pentingnya.
2.
Virus, tidak dapat dipungkiri hal
yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan
aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran
si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah
virus komputer.
3.
Sifat malas, dengan mudahnya untuk
mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas
untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan
dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan
mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.
Aplikasi New
Media
Aplikasi new media pada saat ini sangat lah banyak contoh
nya adalah sebagai berikut :
Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang
berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California.
Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial Sebelum dirancang
ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain,
serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut. Situs web ini
dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band,
dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota
lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu
jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring sosial.
Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.
Pada Mei 2011, perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada "hiburan dan kesenangan", dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun justru melengkapinya.
Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik setiap bulannya; namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja.
Pada Mei 2011, perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada "hiburan dan kesenangan", dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun justru melengkapinya.
Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik setiap bulannya; namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja.
Kata – kata Facebook tentu sudah tidak asing lagi di
telingan kita, dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun
ini dan memperluas jaringan pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita
bisa berbagi foto dan video
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan
oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut,
Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS
layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai
pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April
2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang
ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar,
namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka
saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan
pengikut.
Sebuah media yang sering kita gunakan,entah itu untuk mengupload
video atau pun menonton video tersebut.
Heello adalah situs microblogging(mirip twitter) terbaru
yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat . kalau ada yg blm daftar bisa daftar
dimari . Heello sendiri dididrikan oleh pendiri Twitpic yaitu Noah .Heello pun
diluncurkan sehari setelah twitter meluncurkan layanan untuk berbagi foto ke
followers. Heello sendiri dibuat sekitar satu tahun lalu.
Jadi dapat kita
simpulkan betapa pentingnya New Media pada saat ini, Akan tetapi semua itu
dikembalikan lagi kepada diri kita masing-masing bagaimana menyikapi,
memanfaatkannya secara baik dan tidak menjadi seseorang yang malas akibat dari
semua kemudahan-kemudahan yang diberikan dengan pemanfaatan new media.
Referensi :
http://fajarcihuyy.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
http://indarahma.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
http://sahronimuamal.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media.html
Referensi :
http://fajarcihuyy.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
http://indarahma.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
http://sahronimuamal.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media.html